pengertian psikologi pendidikan menurut para ahli
Pengertian
Psikologi Pendidikan Menurut Para Ahli - Untuk menjalankan profesinya sebagai pendidik
khususnya seorang guru sangat memerlukan banyak pengetahuan dan ketrampilan
yang memadai sesuai tuntutan dan kemajuan sains dan teknologi. Diantara
pengetahuan yang diperlukan seorang guru juga calon guru adalah pengetahuan
psikologi terapan dengan pendekatan baru yang sangat erat kaitannya dengan
proses belajar mengajar. Untuk memenuhi kebutuhan psikologi terapan itulah
psikologi pendidikan ini disusun. Disini akan dijelaskan pengertian psikologi
pendidikan itu sendiri dan ruang lingkupnya.
Psikologi Pendidikan
Psikologi atau biasa disebut dengan
ilmu jiwa berasal dari kata bahasa inggris psycology yang merupakan dua
akar kata dari bahasa greek (Yunani) yakni psyche artinya jiwa
dan logos yang artinya ilmu. Jadi secara bahasa psikologi berarti ilmu
jiwa. Pendidikan berasal dari kata "didik" yang jika mendapat awalan
"me" berati "mendidik" yang artinya memberikan pelatihan
atau memelihara. Dalam memelihara pasti diperlukan tuntunan, ajaran, mengenai
sikap, akhlak dan binaaan kecerdasan pikiran. Pengertian pendidikan menurut
KBBI adalah suatu proses pengubahan sikap, akhlak dan perilaku individu
atau kelompok orang dalam upaya mendewasakan melalui pelatihan dan pengajaran.
Jadi, psikologi pendidikan adalah ilmu yang menjelaskan tentang kegiatan
individu dan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi dalam suatu proses
pendidikan. Psikologi pendidikan sangat berkaitan dengan bagaimana siswa
itu belajar dan berkembang.
Adapun pengertian psikologi
menurut beberapa ahli antara lain:
- Menurut Muhibin Syah, psikologi pendidikan adalah suatu disiplin ilmu dari bidang psikologi yang menyelidiki masalah psikologi anak yang terjadi dalam dunia pendidikan.
- Menurut Bruno pengertian psikologi terbagi dalam tiga bagian yang pada hakikatnya saling berhubungan satu sama lain.
- Psikologi ialah Pendidikan (studi) mengenai “ruh”.
- Psikologi ialah ilmu pengetahuan tentang kehidupan mental.
- Psikologi ialah ilmu pengetahuan berkenaan dengan tingkah laku organisme.
- Alice Crow mengatakan psikologi pendidikan adalah studi tentang belajar, pertumbuhan, kematangan seorang individu dan penerapan prinsip-prinsip ilmiah mengenai reaksi manusia yang mempengaruhi belajar mengajar.
Ruang Lingkup Psikologi Pendidikan
Yang dimaksud ruang lingkup
psikologi pendidikan adalah apa saja yang dibahas dalam ilmu psikologi
pendidikan. Secara luas biasanya membahas tentang proses, lingkungan dan
hereditas, evaluasi belajar, perkembangan, kesehatan mental dan lain
sebagainya. Pada dasarnya dalam psikologi pendidikan itu membahas tentang
hal-hal sebagai berikut :
- Lingkungan dan hereditas
- Pertumbuhan dan perkembangan anak didik
- Potensi dan karakteristik tingkah laku peserta didik
- Hasil dari sebuah proses pendidikan dan berpengaruh kepada individu yang sifatnya personal juga sosial
- Higiene Mental dan Pendidikan dari peserta didik
- Evaluasi dari hasil pendidikan.
Sedangkan menurut Soerjabrata
ruang lingkup bidang psikologi pendidikan dapat dilihat dari segi situasi dan
dari proses belajar yang dijadikan pusatnya adalah kajian psikologi tentang
anak didik dalam peninjauan yang statis dan dinamis dalam situasi belajar dan
proses pendidikan didalam kelasnya.
No comments:
Post a Comment